Jumah penduduk Amerika yang berpaling ke akupuntur semakin hari semakin meningkat.walaupun bukan pengobatan yang paling ampuh, akupuntur merupakan metode alternatif untuk menghilangkan nyeri dan keluhan zaman modern yang berkaitan dengan stres dan berbagai penyakit lainya.

Akupunktur merupakan sebuah seni penyembuhan kuno yang di gunakan masyarakat di tanah Cina selama ribuan tahun. Walaupun sering dianggap pengobatan alternatif, akupuntur sukses menghilangkan banyak gejala yang belum bisa di hilangkan dengan bantuan obat obatan.

Akupunktur tidak sepenuhnya diterima sebagai bagian pengobatan barat karena perbedaan yang sagat besar bagaikan langit dan bumi antara budaya timur dan barat. Bangsa Cina kuno lebih mementingkan pengobatan secara pencegahan, sesuatu yang belum pernah dijumpai untuk dunia kedokteran di benua barat.Perbedaan budaya ini menyebabkan ada dua penjelasan cara berkerja akupunktur.

Sejarah Akupunktur

Akupunktur berakar dari Filosofi Bangsa Cina Kuno,Yaitu Taoisme, yang percaya bahwa setiap manusia adalah bagian dari alam semesta dan semua kehidupan mempunyai energi pemberi hidup atau yang disebut chi. Dalam kasus kepercayaan ini dapat dikatakan bahwa setiap alam mempunyai dua hal yang berlawanan (Hitam-Putih,Siang-malam,fajar-senja) Yin dan Yang adalah nama untuk daya yang berlawanan ini.

Yin dan Yang diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain, dibuat untuk menciptakan keseimbangan alam semesta. Bila daya ini seimbang, Manusia tersebut akan sehat.Namun, Jika aliran pada suatu energi tersebut sudah kehilangan keseimbangan, baik pada manusia ataupun alam semesta, manusia atau mahkluk tersebut akan merasa tidak sehat atau terkontaminasi dari sebuah penyakit yang menggerogoti tubuh akan berkembang.

Titik-titik akupuntur adalah tempat dilakukan pengobatan demi mengembalikan energy. Titik-titik berada pada suatu garis yang diberi nama imajinasi di kulit yang di sebut meridian. SI pembuat Teori kuno sangat percaya bahwa garis ini bertindak sebagai suatu saluran tempat energi antara Yin dan Yang mengalir. Terlepas dari teori ini benar atau salah, akupunktur terbukti sangat berhasil dan bisa dibilang populer bagi bangsa Cina kuno.

Suatu titik yang disebut moksibusion kadang-kadang dikombinasikan dengan akupunktur. Sebab setelah jarum ditusukkan, sebatang gulungan moksa,yang terbuat dari tumbuhan mugword, digulung di ujung jarum dan dibakar sehingga menimbulkan efek sensasi panas yang ringan di sekitar titik meridian untuk merangsang darah dan energi chi.

Teori Modern

Baru baru ini, Praktisi akupunktur barat menjelaskan kemanjuran akupunktur secara ilmiah walaupun masih memasukan sebagian kepercayaan cina. Penjelasan orang barat di dasarkan pada pengetahuan modern mengenai system saraf tubuh.

 Dibawah kulit terdapat suatu jaringan saraf yang sangat luas, dengan serabut saraf di sepanjang meridian tempat hamper semua titik akupunktur berada. Salah satu fungsi saraf adalah menyampaikan pesan dalam rupa perasaan dan mengindikasikan kondisi suatu tubuh. Pesan datang dari seluruh bagian tubuh dan jika datang dari bagian organ yang rusak, ”tanda bahaya” pada ujung saraf di kulit akan berbunyi.Bila hal ini terjadi , tanda bahaya tersebut dirasakan sebagai rasa sakit.

 Teorinya adalah nyeri itu bisa berarti sebuah sinyal dari adanya masalah yang terjadi di bagian tubuh, bukan di tempat nyeri dirasakan.
Contohnya, sakit yang asalnya dari perut dirasakan di kulit bagian atas perut dan pada daerah punggung berdekatan dengan perut. Sumber masalah dengan tempat timbul penyakit saling berhubungan karena saraf kedua belah pihak saling berhubungan.

 Ada seribu lebih titik akupunktur di seluruh tubuh, Yang terdapat di sepanjang garis meridian. Ada dua belas meridian utama dan setiap meridian berhubungan dengan organ tubuh . Garis ini berjalan di sepanjang bagian utama tubuh yang terletak seperti pada bagian lengan dan kaki dan berakhir di ujung jari ataupun telapak kaki.Contohnya,meridian hati turun sampai bagian dalam kaki kiri, dari tubuh bagian depan sampai ibu jari