Aneka sayur sayuran Hingga buah buahan memang sangat penting bagi kesehatan manusia. Keduanya begitu penting bagi kesehatan karena manfaatnya melawan penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas. Dibalik manfaat nya ternyata ada juga loh sayur dan buah yang mengandung racun jika tidak dikonsumsi atau diolah dengan benar.
Meskipu beracun, kita tetap harus mengonsumsi makanan tersebut terlebih racun alami dari buah dan sayur begitu mudah untuk dihilangkan.Berikut Tanaman yang mengandung racun alami:

          1. Kacang Merah



Kacang merah Mengandung racun alami yang biasa disebut dengan fitohemaglutinim. Mengkonsumsi kacang merah disaat keadaan mentah atau kurang matang dapat mengakibatkan keracunan yang biasa diawali dengan mual, muntah dan nyeri perut yang di ikuti oleh diare. Bisa dibilang pemasakan yang kurang sempurna justru berakibat fatal dibandingkan dengan mentah karena kacang merah setengah matang jauh lebih beracun daripada yang masih mentah.

2. Singkong


Singkong ternyata mengandung racun linamarin dan lotaustralin, yang termasuk dalam golongan glikosida sianogenik. Linamarin terdapat pada semua bagian tanaman, terlebih pada bagian akar dan daun.singkon dibagi menjadi 2 yaitu pahit dan manis. Singkong pahit justru mengandung lebih banyak racun daripada yang manis.Jika singkon tersebut dimasak kurang matang maka akan menjadi senyawa kimia berbahaya yaitu hydrogen Sianida, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

    3. Kentang


Racun alami ysng berada di kandungan kentang adalah termasuk golongan glikoalkaloid, dengan dibekali dua racun utamanya, yaitu golongan solanin dan chacoine. Biasanya Racun yang diakibatkan oleh kentang berkadar rendah dan tidak menimbulkan masalah besar bagi manusia. Meskipun demikian , kentang hijau, bertunas dan secara fisik sudah rusak atau membususk dapat mengandung kadar racun yang begitu tinggi.

  4. Seledri


Seledri mengandung senyawa psoralen, yang dikategorikan kedalam golongan kumarin. Senyawa tersebut menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari. Untuk menghindari efek racun psoralen,sebaiknya hindari makan seledri terlalu mentah. Alangkah baiknya jika seledri dimasak terlebih dahulu.
 5. Jengkol

Jengkol mengandung asam jengkol (jencolic acid) yang dapat mengakibatkan masalah penyakit yang menyerang saluran perkencingan. Keracunan jengkol ditandai dengan menipisnya air kencing yang dihasilkan, serta rasa pegal yang melilit pada daerah pinggang.Keracunan Ini ditimbulkan karena mengkonsumsi jengkol mentah karena pada hakekatnya asam jengkol akan menurun jika dimasak terlebih dahulu